Rab. Jul 24th, 2024

juraganartikel.com – Peraturan Permainan Baseball. Baseball adalah olahraga tim yang dimainkan antara dua tim yang terdiri dari sembilan pemain. Permainan ini memiliki peraturan yang ketat dan jelas, yang bertujuan untuk menjaga keadilan dan keseruan pertandingan. Berikut adalah beberapa peraturan dasar dalam permainan baseball:

Lapangan dan Peralatan

  • Lapangan: Baseball di mainkan di lapangan berlian yang terdiri dari empat base: pertama, kedua, ketiga, dan home plate. Baca juga sub artikel Macam Macam Berita Saat Ini
  • Peralatan: Pemain menggunakan bola baseball, tongkat pemukul (bat), sarung tangan (glove), dan helm pelindung untuk pemukul.

Tujuan Permainan

Tujuan utama dalam baseball adalah mencetak lebih banyak run (lari) di bandingkan tim lawan. Run di cetak ketika pemain berhasil berlari mengelilingi keempat base dan kembali ke home plate.

Struktur Permainan

  • Inning: Permainan terdiri dari sembilan inning. Setiap inning di bagi menjadi dua bagian: bagian atas (tim tamu memukul) dan bagian bawah (tim tuan rumah memukul).
  • Tim Penyerang dan Bertahan: Tim yang memukul (penyerang) berusaha mencetak run, sementara tim yang bertahan (fielding) berusaha mencegah run dengan menangkap bola dan mengeluarkan pemain lawan.

Memukul

  • Urutan Memukul: Setiap tim memiliki urutan memukul yang telah di tentukan sebelum pertandingan di mulai.
  • Pukul dan Lari: Pemukul berusaha memukul bola yang di lempar oleh pelempar (pitcher). Jika berhasil memukul bola, pemukul berlari ke base pertama dan dapat melanjutkan ke base berikutnya jika memungkinkan.

Pitching

  • Strike dan Ball: Pelempar melempar bola ke pemukul dengan tujuan mempersulit pemukul. Jika bola di lempar dalam area strike zone dan tidak di pukul, itu disebut strike. Jika di luar area tersebut, di sebut ball.
  • Strikeout: Jika pemukul mendapat tiga strike, ia keluar (strikeout). Jika pelempar melempar empat ball, pemukul mendapat free walk ke base pertama.

Aturan Fielding

  • Out: Tim bertahan berusaha mengeluarkan (out) pemukul atau pelari dengan berbagai cara, seperti menangkap bola sebelum menyentuh tanah (catch), melempar bola ke base yang akan di capai pelari (force out), atau menyentuh pelari dengan bola (tag out).
  • Double Play: Jika tim bertahan berhasil mengeluarkan dua pemain dalam satu permainan, itu disebut double play.

Skor

  • Run: Skor di cetak saat pemain berhasil mengelilingi semua base dan kembali ke home plate.
  • Tie Game: Jika skor sama setelah sembilan inning, permainan di lanjutkan dengan inning tambahan hingga ada tim yang menang.

Wasit

Peraturan Permainan Baseball. Wasit (umpire) bertugas mengawasi permainan, membuat keputusan terkait strike, ball, dan out, serta memastikan peraturan di patuhi. Dengan mengikuti peraturan ini, permainan baseball berjalan dengan teratur dan adil, memastikan keseruan dan kompetisi yang sehat antara tim yang bertanding.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *